11 Mei 2015

Chance, Choice, Change


Selamat malam semua, bagaimana keadaanmu disana? Semoga harimu menyenangkan. Malam ini, cukup indah, dihiasi dengan bintang” yang bersinar terang, tanpa mendung dan awan sedikitpun. Udarapun cukup hangat, tidak sedingin malam” biasanya. Meskipun saya hanya bias terkapar karena salah satu penyakit bulanan -_-


Kali ini, saya ingin membahas tentang salah satu quote favorit saya,

“ Chance, Choice, Change “

Yak, meskipun saya tidak tahu siapa yang pertama menginovasikan quote ini, walaupun saya secara tidak sengaja berfikir tentang kata” ini ._. Quote ini, secara bahasa Indonesia berarti “Kesempatan, Pilihan, Perubahan “. Saya sangat suka dengan quote ini, karena saling berhubungan, juga saling memaknai satu sama lain. Untuk itu saya akan mencoba membahas satu persatu kata” dalam quote tersebut.

  1. Chance (Kesempatan)

Kesempatan, dalam kehidupan kita, kita selalu mendapatkan berbagai macam kesempatan, mulai dari kesempatan untuk hidup, kesempatan untuk mencari ilmu, dan kesempatan yang lain. Kesempatan tersebut pun juga bias dating dan pergi. Namun jika anda kehilangan kesempatan itu satu kali saja, maka kesempatan untuk datangnya kesempatan kedua itu hampir menjadi nol. Maka saya sarankan agar anda berpikir dua kali sebelum melepaskan suatu kesempatan.

  1. Choice (Pilihan)

Pilihan, dalam setiap kesempatan, anda pasti akan dihadapkan juga pada pilihan. Dimana anda dapat memilih untuk maju, diam, ataupun untuk mundur. Ketika anda maju, berarti anda memilih untuk mengambil kesempatan itu, namun ketika anda memilih untuk diam, sama saja dengan anda memlih untuk mundur, karena jika anda diam, ini semua hanya masalah waktu untuk kesempatan itu pergi/menghilang. ini semua hanya masalah waktu untuk kesempatan itu pergi/menghilang. Dan ketika kesempatan itu menghilang, jangan sekali” mengharapkan akan datangnya kesempatan kedua.

  1. Change (Perubahan)

Perubahan, setelah anda mendapat kesempatan juga memilih apa yang akan anda lakukan, yang akan terjadi ialah perubahan, dari ketiga kata “ Chance, Choice, Change “ saya lebih menitikberatkan pada kata ini. Perubahan, perubahan ialah suatu hal paling konstan di dunia ini. Jika anda tidak berubah anda tidak akan bergerak. Anda tidak akan maju, anda hanya akan diam dalam putaran roda takdir yang selalu berputar tanpa ada yang tahu kapan berhenti. Namun terkadang kita semua ingin berhenti dari perubahan ini, terkadang kita lebih menikmati hal yang sudah terjadi, kita ingin sesuatu yang konstan, tanpa adnya perubahan sedikitpun. Namun hal itu tidak akan pernah terjadi, perubahan, waktu pasti akan merubah semuanya, sedikit demi sedikit, hingga akhirnya semua yang sudah indah bisa menjadi lebih indah atau mungkin malah menjadi lebih buruk dan hilang. Namun ini semua bukanlah tentang bagaimana kita berubah atau tentang perubahan itu, ini semua tentang bagaiman kita menyikapi perubahan itu. Bagaimana kita bersiap untuk perubahan, kita harus sebisa mungkin fleksibel, dalam menghadapi berbagai keadaan, dalam senang maupun sedih, sehat ataupun sakit. Kita harus tetap kuat, bagaimanapun perubahan itu menerpa kita, kita harus selalu mempunyai suatu hal yang tak akan pernah berubah, entah bagaimanapun juga. Karena hanya hal itulah yang menunjukkan siapa kita sebenarnya. Siapa kita yang mereka tahu, siapa mereka yang kita kenal.


Jadi dari ketiga penjelasan diatas, saya menyimpulkan bahwa ketika kita diberi kesempatan, kita harus tahu apa yang akan dibawa kesempatan itu, hal apa yang akan terjadi dibalik kesempatan itu. Lalu pilihlah hal terbaik yang akan anda pilih dari kesempatan itu, mana yang menurut anda terbaik, dan mana yang menurut anda pantas untuk dikorbankan. Pikirkan baik” apa yang anda pilih, hilangkan segala fikiran tentang hal lain yang tidak anda pilih, namun jangan lupa, pikirkan back-up plan jika pilihan anda ternyata salah atau meleset dari apa yang anda inginkan. Setelah anda memilih, anda harus berubah, anda harus mengikuti apa yang terjadi, anda harus menjadi seseorang yang fleksibel, yang berjalan deras mengikuti arus, yang pertama berangkat untuk menjemput resiko, semua dari pilihan anda. Karena perubahan, sedikit demi sedikit akan berdampak besar pada kehidupan anda.

Selamat malam semua, terima kasih karena telah diberi kesempatan ini.
Think Twice, There’s another day in Paradise for us, Amin

0 komentar: