06 Mei 2015

A Word, A World



Hai semua, apa kabar? Hope you get another nice day out there, here, I just wanna share some of my thoughts guys, hope you like it. Tiap hari kita selalu berkomunikasi bukan, entah ke orang tua, sodara, teman, atau orang yang baru pertama kali kita temui, dan tiap kita berkomunikasi, kita pasti memakai suatu bahasa, suatu cara paling mudah untuk berkomunikasi, one of the best gift Allah gave to us. 

Dalam setiap bahasa, pasti mempunyai maksud dan tujuan, yang diungkapkan oleh kata kata. Kebanyakan orang orang di dunia ini memakai kata kata tanpa mengenal arti ka
ta yang mereka pakai. Setiap harinya mereka menggunakan kata kata itu meski yang mereka tahu adalah kata kata itu mempoyeksikan tujuan mereka. Pernahkah kita berfikir untuk menyingkap arti kata yang acap kali kita gunakan, seperti kata kata yang saya gunakan sekarang ini. Walaupun terkadang di satu daerah dan daerah lain kata yang sama dapat berarti berbeda. Karena persamaan budaya namun perbedaan kebiasaan, hal itu sering terjadi, apalagi untuk negara negara yang mempunyai ragam budaya serta suku yang banyak sekali, seperti Indonesia.

Layaknya di daerah saya, sering kali saya menemui kata kata tersebut, namun kali ini saya tidak akan membahas hal itu terlalu dalam, karena sudah pasti keluar dari konteks juga judul :v

Yang saya maksudkan dalam Arti Kata kali ini ialah kata yang berbeda 180 derajat namun secara harfiah berarti sama. Untuk mudahnya kata kata ini bersifat antonym namun dapat berarti sinonim. Sebagai contoh :
-          Menciptakan = Menghancurkan
-          Mengambil = Memberi
-          Membuang = Mendapat
-          Dll

Untuk contoh pertama akan saya jelaskan, saya beri contoh seperti ini, Seorang ilmuwan berhasil menciptakan robot yang dapat melakukan apa yang diperintahkan kepadanya. Dan robot ini berhasil booming dan akhirnya digunakan hamper di setiap bidang industry, kabar gembira bukan? Mungkin bagi sebagian dari kita akan sangat senang karena salah satu impian manusia berhasil diciptakan. Namun disisi lain pernahkah anda berfikir, bagaimana nasib para pekerja yang sudah biasa melakukan hal tersebut, tentu saja mereka akan dipecat, karena ada robot yang notabene lebih efisien, dengan perawatan yang lebih mudah, dapat bekerja 24 jam non-stop dan tanpa digaji. Semua produsen pasti akan mengincar robot itu, sehingga pekerja manusia akan sedikit demi sedikit tersingkir dan hilang, dapat dipastikan apa yang akan terjadi. Angka pengangguran pasti tinggi, dan bidang” yang ada akan semakin sedikit, persaingan akan sangat ketat dan kekacauan akan merajalela. Disinilah kata menghancurkan itu keluar, dengan ilmuwan itu menciptakan robot, secara tidak langsung ia menghancurkan bangsanya sendiri, walaupun toh ilmuwan tersebut tidak mempunyai niat jelek sedikitpun. 

 Jadi kata menciptakan bisa dianggap menghancurkan jika dilihat dari sudut pandang tadi, namun arti kata ini tidak selalu berarti sama jika dilihat dari sudut pandang lain juga dari kasus yang lain, karena setiap sudut pandang dan kasus mempunyai ciri yang berbeda dan keunikan yang berbeda. Untuk contoh yang lain tidak terlalu berbeda, saya yakin anda dapat mengerti setelah membaca contoh dari kata pertama.

Saya adalah orang yang sangat suka bermain dengan kata, menurut saya pepatah “Lidah lebih tajam daripada pedang” itu sangat benar, dengan sedikit permainan kata, anda bisa mendapatkan apa yang anda inginkan, anda bisa menjadi apa yang anda inginkan, anda bisa dipandang berbeda oleh orang lain, namun ingat, “Mulutmu harimaumu”, karena “Kata kata adalah pedang bermata dua”. Jadi berhatihatilah ketika anda bermain dengan kata kata. Selain itu di dalam agama saya juga diajarkan bahwa perkataan adalah suatu doa. Jadi jaga apa yang anda katakan, maknai dulu sebelum anda katakan, karena orang lebih percaya dengan apa yang anda katakan pertama, bukan yang terakhir. 

Good Night Guys, Have a Nice Day, Stay Safe

0 komentar: